Kenapa Setiap Lini Bisnis Membutuhkan Strategi?

Hari ini saya mendapatkan Insight yang sangat berharga dari diskusi di kelas bersama teman-teman dan dosen. Materi diskusi kali ini adalah tentang The Strategic Management Process. Dimana luasan bahan diskusi memiliki 4 hal inti yang kami bahas. Yaitu Model of Strategic Management, Strategic Planning, Perspective on Strategic Management, dan Strategic Decision Making.

Anda bisa cari sendiri penjelasan lengkap dari hal yang saya sampaikan diatas. Disini saya akan mengulas topik pertanyaan dan jawaban yang muncul saat diskusi. Karena ini lebih menarik dan lebih bisa diambil sari pati ilmunya, ketimbang pemaparan teori panjang yang membosankan.

Sesuai judul tulisan ini, pertanyaan menariknya adalah Kenapa Setiap Lini Bisnis Membutuhkan Strategi?.

Jawaban dari berbagai pendapat di ruang kelas, dapat diambil kesimpulan. Bahwa, yang pertama, Strategi diperlukan dikarenakan setiap lini bisnis memiliki sumber daya yang terbatas. Semua hal yang terbatas, butuh yang namanya strategi agar bisa di kelola dengan baik. Ditambahkan oleh jawaban kedua, bahwa strategi merupakan REL agar Kereta kita berjalan sesuai dengan arah tujuan yang sudah ditentukan.

Lebih mendalam lagi, Strategi ini pengaruh nya ke Product Life Cycle. Siklus nya seperti pada gambar dibawah ini :


Ada masa Product/Jasa itu diperkenalkan (Introduction) ke Market setelah dilakukan R&D sebelumnya, lalu mengalami pertumbuhan (Growth), dan kemudian mencapai kematangan (Maturity) yang kemudian akan mengalami kematian (Decline). Fungsi strategi adalah mempertahankan masa Product Life Cycle agar tidak cepat mati.

Studi kasus kita contoh NOKIA. Sang raja HP di masa nya. Nokia terlalu nyaman dengan fase Maturity, sehingga dia tidak sadar bahwa telah mendekati masa Decline. Di saat penjualan turun drastis, Nokia baru sadar bahwa dia terlambat melakukan manajemen Strategi saat berada di fase Maturity. Akhirnya Nokia yang gagah perkasa disikat habis oleh Android. Sang legenda yang sekarang Hidup Segan, Matipun tak mau. Meskipun sudah di akuisisi oleh Microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar