14 Langkah Cara Cepat Belajar SEO dari Elga Aris Prastyo

Untuk sebagian besar orang yang sudah berkecimpung di dunia Internet Marketing pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO (Search Engine Optimation). Menurut Wikipedia, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Saya akan memberikan ilmu yang saya dapatkan secara otodidak dan secara praktis sejak menggeluti dunia Internet Marketing selama 3 tahun. Cara Cepat Belajar SEO ini saya peruntukkan kepada para pemula. Saya anggap semua sudah paham mengenai cara blogging. Jadi, secara singkat saya tunjukkan step by step dengan urut agar Blog atau website anda bisa dengan mudah berada di halaman 1 mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Berikut ini adalah cara SEO apabila anda menggunakan Blogger.com.

1. Membuat Blog Baru dengan Judul dan Alamat URL Harus Sama

Yang dimaksud harus sama disini adalah seperti contoh dibawah ini :

hal ini mempermudah mesin pencari untuk menemukan blog atau website anda. Saya sudah mempraktekkan ini dan berhasil. Berikut ini salah satu website saya yang berhasil menggunakan metode ini dan menempati halaman 1 dan posisi teratas dalam hasil pencarian di google, Yahoo, dan Bing :

Hasil Pencarian di Google

 Hasil Pencarian di Yahoo

Hasil Pencarian di Bing

2. Gunakan Template yang Ringan, Fast Loading, dan Mobile Friendly

Pemilihan Template dalam hal ini sangat penting. Mesin pencari cenderung menampilkan blog atau website dalam hasil pencariannya dan menempatkannya dalam posisi teratas salah satunya adalah dengan ketepatan memilih Template. Template haruslah yang ringan, Fast Loading, dan Mobile Friendly. Ringan yang dimaksud disini adalah tidak terlalu mewah dan banyak mengandung widget yang tidak penting. Hal ini berpengaruh pada kecepatan loading saat pengunjung membuka blog atau website anda. Mobile Friendly disini yang dimaksud adalah tampilan blog atau website tersebut dapat menyesuaikan tampilan dari perangkat yang digunakan. Berikut ini adalah contoh dari tampilan di PC dan tampilan apabila website diakses menggunakan Ponsel.


3. Cari Ide Posting Artikel dengan Cara Mencari Penelusuran Terbanyak Pada Google Trends

Menentukan ide saat ingin membuat artikel baru adalah hal yang biasanya menjadi masalah untuk sebagian blogger atau para pemilik website lainnya. Tidak perlu khawatir akan hal itu, anda bisa menggunakan google trends. Googel trends bisa anda gunakan untuk melihat beberapa kata kunci yang paling sering di telusuri oleh orang-orang diseluruh dunia. Gunakan kata kunci yang sedang banyak ditelusuri tersebut untuk digunakan sebagai bahan atau ide menulis artikel. Kemungkinan artikel anda dibaca orang sangat besar.

4. Riset Kata Kunci di Google Adwords Keyword Tools Planner

Setelah anda menemukan beberapa kata kunci silahkan anda coba me-riset kata kunci tersebut menggunakan tool gratis Google Adwords Keyword Tools Planner. Disitu anda akan mengetahui sebarapa sering dan jumlah pasti kata kunci tersebut ditelusuri setiap bulan. Silahkan tulis 5 kata kunci yang muncul paling banyak.

5. Buat Judul Posting/Artikel Dengan Mengkombinasikan Kata Kunci dari Google Trends dan Google Adwords Keyword Tools Planner

6. Isi Artikel Minimal 350 Kata

Dalam menulis artikel yang disukai oleh mesin pencari adalah minimal isi memuat 350 kata. Artikel adalah hasil tulisan sendiri dan bukan hasil copas atau plagiasi. Boleh meniru artikel lain tapi tetap gunakan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Jika artikel anda original, kemungkinan besar masuk dalam hasil pencarian teratas sangat besar.

7. Menempatkan Beberapa Kata Kunci Pada Bagian Awal dan Akhir Paragraf

Kata kunci yang dimaksud adalah kata kunci yang sudah anda catat dari google trends dan google adwords keyword tools planner tadi. Usahakan menyisipkan beberapa kata kunci saat menulis artikel pada bagian awal dan akhir paragraf.

8. Ulangi Kata Kunci Berkali-kali, Cetak Miring, dan Cetak Tebal

9. Buat Maksimal 3 Link Internal (link home) dan Minimal 2 Link Eksternal (link post terdahulu) Di Dalam Artikel yang Anda Tulis.

10. Apabila Ada Gambar yang Dimasukkan, Jangan Lupa Title Gambar dan Alt Title Pada Properties Gambar Harus Di Isi dengan Kata Kunci

11. Apabila Ada Video yang Dimasukkan Jangan Lupa Beri Judul yang Mengandung Kata Kunci

12. Ganti Tautan Permanen Otomatis dengan Tautan Permanen Khusus


Isi tautan dengan isi yang sama seperti judul artikel yang sudah anda tentukan tadi.

13. Sharing-kan atau Bagikan Artikel yang Sudah Dibuat Tadi ke Media Sosial atau Forum

14. Pastikan Website/Blog Anda Sudah Terdaftar dan Terverifikasi Pada Webmaster Google, Yahoo, dan Bing.

2 komentar:

  1. pak, caranya poin ke 14 itu gimana ? rencana mau bikin blog :D

    BalasHapus
  2. Masuk saja ke webmaster google,,,
    daftarkan disitu,,,

    BalasHapus